Nursing is about Caring

FK-KMK UGM. Pelantikan virtual kembali digelar di Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada (FK-KMK UGM). Sebanyak 19 Ners baru mengangkat sumpah denga disaksikan oleh Dekan FK-KMK UGM, Selasa (12/5).

Pelantikan Ners Periode II Tahun Akademik 2019/2020 yang diselenggarakan di Auditorium FK-KMK UGM diwakili oleh dua Ners baru, tujuh belas Ners baru lainnya mengikuti secara online dirumah masing-masing dengan didampingi kedua orangtua/walinya. Suasana haru melingkupi acara pelantikan kala Hatifah Ihsanda Ten Melati, S.Kep.Ns menyampaikan sambutannya mewakili seluruh Ners baru.

“Nursing is about caring. Caring adalah sebuah kata kerja yang artinya merasa prihatin atau tertarik, mementingkan sesuatu, merawat dan memenuhi kebutuhan,” tutur Hatifah penerima IPK tertinggi periode ini, 3.67. Tertinggi kedua dan ketiga dengan nilai IPK 3.64 adalah Siti Amanah, S.Kep.Ns dan Aulia Ulfi Ardani, S.Kep.Ns.

Menjadi perawat juga merupakan pendidik, konselor, advokat, case manager, bahkan tak jarang perawat perlu melibatkan keluarga demi kesembuhan pasien serta merawat pasien dari aspek psikologi, sosial, dan spiritual.

Dalam sambutannya Hatifah juga menuturkan bahwa perawat merupakan salah satu tulang punggung setiap sistem kesehatan, mengutip dari Dirjen Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

“Gelar dibelakang nama tidak akan menjadi arti sebelum kita benar-benar mengabdi,” pesannya kepada seluruh temen-temen yang dilantik hari itu.

Dekan FK-KMK Prof. dr. Ova Emilia, M.Med.Ed., Ph.D., Sp.OG(K) berpesan kepada seluruh Ners baru untuk tidak menyerah pada keadaan yang dihadapi saat ini, terus berjuang dan berusaha untuk melewati semua rintangan. Rintangan adalah jembatan untuk menuju kesuksesan.

“Kalian telah berhasil melewati sebuah proses pendidikan yang cukup berat, bahkan sekarang kalian dilantik ditengah perjuangan melawan Covid-19, pasti kalian adalah Ners-Ners tangguh yang selalu mencari jalan keluar secara bijak demi tegaknya nilai kemanusian.” (Dian/IRO)

Berita Terbaru