Komitmen Pengembangan Karakter dilingkungan Fakultas dan Rumah Sakit

Sivitas akademik Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) UGM dan sivitas hospital RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta melafalkan dan menandatangani ikrar komitmen pendidikan bermartabat di gedung Diklat RSUP Dr. Sardjito, Senin (11/11). Melalui ikrar ini diharapkan mampu menciptakan lingkungan dan dokter-dokter yang berkarakter dan berkemanusiaan tinggi.

Pendidikan bukan saja tentang mengasah kompetensi, tetapi pendidikan juga merupakan wadah bagi peserta didik dalam proses pembentukan karakter. Seperti yang disampaikan Dekan FK-KMK Prof. dr. Ova Emilia, M.Med.Ed., Ph.D., Sp.OG(K) dalam acara Ikrar Komitmen Pendidikan Bermartabat. “Pendidikan bukan hanya sekedar proses menggapai kompetensi, pendidikan juga proses pembentukan pribadi.”

Dekan FK-KMK dan Direktur RSUP Dr. Sardjito sepakat dan komitmen dalam meningkatkan pembentukan karakter peserta didik yang lebih baik dilingkungan Fakultas, Rumah Sakit, beserta seluruh mitra Rumah Sakit.

Menurut Dekan FK-KMK, gerakan ini merupakan gerakan yang pertama dilaksanakan di Indonesia. Banyaknya dinamika, perubahan, dan masuknya budaya yang bermacam-macam ke Indonesia berdampak pada pergeseran-pergeseran nilai budaya Indonesia. Peran serta pendidik, karyawan, kebijakan sistem, serta lingkungan sangat mendukung tercapainya pendidikan yang lebih baik.

Direktur RSUP Dr. Sardjito Dr. dr. Darwito, SH, Sp.B(K)Onk. menyampaikan bahwa kolaborasi dalam menjalin pola pendidikan dan pola keilmuan yang sama-sama maju antar Bagian, antar komite satuan medik, antar program studi, harapannya mampu menghasilkan lulusan yang mampu bersinergi dengan rekan sejawat diwilayah tempat bekerja. (Dian/IRO)

Berita Terbaru