Program Pascasarjana

Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan UGM merupakan salah satu Fakultas di UGM yang memiliki sejumlah program pascasarjana dengan jumlah mahasiswa pascasarjana lebih besar daripada mahasiswa program sarjana. Program pascasarjana terdiri dari program:

  • Program Magister
  • Program Doktor
  • Program Spesialisasi
  • Program Combined Degree

Program Magister

Bagi mahasiswa yang telah menyelesaikan pendidikan sarjana, profesi atau memiliki pengalaman praktek professional atau manajerial, Fakultas Kedokteran UGM menawarkan beberapa program magister:

  1. Magister Ilmu Biomedik (http://ikd.ugm.ac.id/)
  2. Magister Ilmu Kedokteran Tropis (http://s2tropmed.fk.ugm.ac.id/)
  3. Magister Ilmu Pendidikan Kedokteran dan Kesehatan (http://medicaleducation.fk.ugm.ac.id/)
  4. Magister Ilmu Kedokteran Klinis (http://s2ikk.fk.ugm.ac.id/)
  5. Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat (http://ph.fk.ugm.ac.id/)
  6. Magister Keperawatan (https://magisterkeperawatan.fk.ugm.ac.id/)

Keberadaaan program tersebut mempunyai tujuan dan kepentingan yang berbeda secara filosofis dan sosiologis. Program Magister Ilmu Biomedik mempunyai orientasi riset yang kuat dan diambil oleh peserta yang memiliki latar belakang prestasi akademik yang kuat, dosen atau peneliti di Universitas ataupun lembaga penelitian lainnya. Demikian pula Program Magister Ilmu Pendidikan Kedokteran dan Kesehatan yang sebagian besar diambil oleh para dosen yang berasal dari bagian Pendidikan di Fakultas Kedokteran/Fakultas Kesehatan Masyarakat lainnya atau peserta yang telah memiliki kompetensi di bidang lain di Kesehatan namun oleh karena posisi atau pekerjaannya membutuhkan pendalaman di bidang pendidikan kedokteran. Program Ilmu Kedokteran Tropis mendidik magister untuk memperkuat fungsi pengendalian penyakit di Kementerian Kesehatan dan jajarannya. Bersama program magister Ilmu Kesehatan Masyarakat, kedua program ini memiliki orientasi riset yang berbeda, yaitu riset untuk problem-solving dan riset akademik. Program Magister Keperawatan merupakan program terbaru bagi perawat untuk meningkatkan kompetensi akademik perawat yang bekerja di institusi pendidikan, meskipun terdapat pula perawat yang bekerja di fasilitas pelayanan kesehatan.

 

Master in Implementation Research (http://graduate.fk.ugm.ac.id/)

Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada (FK-KMK UGM) telah terpilih untuk mengelola program beasiswa internasional dari Badan Kesehatan Dunia (WHO/TDR) untuk wilayah Asia Tenggara dan Pasifik Barat dengan menyediakan beasiswa penuh bagi mahasiswa Magister. Pelaksanaan perkuliahan diselenggarakan dengan kerja sama antara Program Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat dan Program Studi Magister Ilmu Kedokteran Tropis. Pembelajaran berfokus pada riset implementasi untuk penyakit tropis, yang mendukung identifikasi kendala-kendala dalam sistem kesehatan dan pendekatan-pendekatan untuk mengatasi kendala-kendala tersebut. Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan kapasitas pelatihan pascasarjana dan meningkatkan jumlah peneliti di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah.

 

Program Doktor (http://s3fk.ugm.ac.id)

Program Doktor didedikasikan bagi mahasiswa yang berkarier di bidang pendidikan, penelitian atau telah memiliki pengalaman praktek profesional yang memadai di bidangnya. Program ini membutuhkan komitmen waktu yang tinggi. Program ini menawarkan empat bidang keilmuan:

  • Kedokteran dasar dan biomedik
  • Kedokteran klinis
  • Kesehatan masyarakat
  • Pendidikan kedokteran dan kesehatan

Bidang Kedokteran dasar dan biomedik serta pendidikan kedokteran mempunyai orientasi riset akademik, sehingga dapat diharapkan menghasilkan banyak publikasi internasional. Sedangkan untuk bidang pendidikan klinis (yang sebagian besar diikuti oleh para spesialis atau spesialis konsultan) serta bidang Kesehatan Masyarakat (dengan peserta para manajer kesehatan di Kementrian/Dinas Kesehatan, manajer rumah sakit dan lainnya) dapat dikelompokkan menjadi akademik dan yang lebih profesional.

 

Program Pendidikan Dokter Spesialis (http://ppds.fk.ugm.ac.id/)

Bagi profesi dokter yang akan memperdalam kompetensi profesional klinis di bidang tertentu, Fakultas Kedokteran UGM menyelenggarakan 20 program spesialisasi. Pola pendidikan mengikuti pola “nyantrik” bekerja di rumah sakit untuk membutuhkan pengalaman klinis tertentu yang harus dipenuhi dalam periode waktu tertentu:

·       Ilmu Kesehatan Anak ·       Ilmu Bedah
·       Ilmu Penyakit Dalam ·       Orthopaedi dan Traumatologi
·       Obstetri dan Ginekologi ·       Bedah Anak
·       Ilmu Kedokteran Forensik dan Mediko Legal ·       Bedah Syaraf
·       Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin ·       Anestesi dan reanimasi
·       Ilmu Kedokteran Jiwa ·       Ilmu Kesehatan Penyakit Mata
·       Radiologi ·       Ilmu Penyakit Saraf/Nerologi
·       Ilmu Kesehatan THT-KL ·       Patologi Anatomi
·       Ilmu Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah ·       Patologi Klinik
·       Mikrobiologi Klinik ·       Urologi

Program Combined Degree

Fakultas Kedokteran menawarkan program Combined Degree bagi mahasiswa yang tertarik untuk mengkombinasikan program pendidikan di suatu bidang dengan bidang lainnya. Dokter yang menempuh program pendidikan Spesialisasi (PPDS), selama pendidikannya dapat mengambil program S2 Ilmu Kedokteran Klinis (MS) yang mampu bersaing dalam memanfaatkan informasi ilmu dan teknologi kesehatan dan kedokteran berbasis bukti terkini dalam pengambilan keputusan klinis dan upaya meningkatkan layanan profesi. Program yang tersedia adalah:

  • Program PPDS dan S2 Ilmu Kedokteran Klinis (Program MS-PPDS)
  • Program PPDS Bedah dan S2 Ilmu Kedokteran Klinik minat utama Epidemiologi dan Biostatistik
  • Program Profesi Dokter dan program magister (dalam inisiasi)