Alumni FK 1988 : Prof. Tri Wibawa Dikukuhkan menjadi Guru Besar Mikrobiologi FKKMK UGM

FKKMK-UGM. Pada hari Rabu, 10 Januari 2018, Universitas Gadjah Mada telah mengukuhkan mikrobiologis, dr. Tri Wibawa, Ph.D., Sp.MK sebagai professor di bidang Mikrobiologi Klinik. Beliau membawakan pidato dengan judul “Implikasi Interaksi Genetika Manusia-Patogen dalam Manajemen Penyakit Infeksi” di Gedung Balairung UGM.

Dalam pidatonya, beliau menyampaikan bahwa interaksi manusia dan mikroba telah menimbulkan interaksi resiprokal dalam evolusi. Meskipun kedua pihak berevolusi menurut jalan masing-masing, kedua pihak telah ribuan tahun hidup bersama. Sehingga tidak bisa dipungkiri jika terjadi interaksi keduanya hingga ke tingkat materi genetika dan terjadi co-evolution. Implikasi dalam interaksi ini mencakup respon imun, pathogenesis, kerentanan terhadap infeksi serta resistensi terhadap antimikroba. Beliau juga menuturkan bahwa ke depan interaksi antara manusia dan pathogen selayaknya selalu dipertimbangkan dalam rangka mencegah dan menangani kasus penyakit.

Sebelumnya, Prof. dr. Tri Wibawa., Ph.D., Sp.MK merupakan alumni FK UGM angkatan 1988. Kemudian beliau juga pernah menjadi research student sekaligus menjalani studi Ph.D di Kobe University, Jepang. Beliau pun telah banyak terlibat dalam berbagai penelitan dan telah mempublikasikan berbagai hasil penelitiannya. Dalam pengukuhan tersebut, Alumni FK UGM 1988 serta Alumni Kobe University turut memberikan selamat atas dikukuhkannya Prof. dr. Tri Wibawa., Ph.D., Sp.MK. Turut hadir pula Professor beliau saat sedang studi di Kobe University. Dengan dikukuhkannya Prof. dr. Tri Wibawa., Ph.D., Sp.MK bertambah lagi Guru Besar di FKKMK UGM ini. (Dinda-Kontributor)