Academic Health System

  • Permasalahan kesehatan yang makin beragam dan kompleks membutuhkan pendekatan secara komprehensif dalam upaya penanggulangannya. Kebutuhan tinggi terhadap pelayanan kesehatan berkualitas membuat inovasi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di dunia kesehatan diperlukan untuk menjawab tantangan tersebut. Institusi pendidikan memiliki peran penting dalam mengembangkan pengetahuan dan teknologi dunia kesehatan sekaligus menyiapkan calon SDM tenaga kesehatan yang berkualitas untuk meningkatkan kualitas pelayanan.

    Dalam upaya memenuhi kebutuhan tersebut dilakukan inisiasi pembentukan Academic Health System (AHS). Konsep AHS merupakan integrasi pendidikan kedokteran bergelar, dengan satu atau lebih program pendidikan profesional kesehatan lainnya yang memiliki satu atau lebih rumah sakit pendidikan atau berafilisasi dengan rumah sakit pendidikan, sistem kesehatan, dan organisasi pelayanan kesehatan lainnya (Wartman 2007). AHS UGM sendiri terdiri 3 komponen utama, yaitu institusi pendidikan, rumah sakit pendidikan, dan pemerintah daerah. Area cakupan AHS UGM meliputi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah.

    Academic Health System yang diinisiasi oleh Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan UGM diinisiasi pada Tahun 2014. AHS UGM ditunjuk menjadi salah satu percontohan AHS nasional oleh KEMENRISTEKDIKTI melalui Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 55/M/KPT/2018 tentang Penugasan Perguruan Tinggi untuk Program Percontohan Sistem Kesehatan Akademik dan RSUP Dr. Sardjito ditunjuk oleh Kementerian Kesehatan melalui Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/345/2018 tentang Rumah Sakit Percontohan Sistem Kesehatan Akademik.

  • Visi AHS UGM:

    Menjadi Sistem Kesehatan Komprehensif melalui harmonisasi universitas, rumah sakit pendidikan, dan practice plan berbasis teknologi informasi pada tahun 2022

    Misi AHS UGM:

    Meningkatkan status kesehatan masyarakatmelalui pendidikan, penelitian, pengabdian, dan  pelayanan yang unggul, berlandaskan kearifan lokal, etika, profesionalisme dan keilmuan berbasis bukti yang terintegrasi dalam Academic Health System.

  • Struktur organisasi pengelola harian Academic Health Center melalui SKB antara FK-KMK UGM dan RSUP Dr. Sardjito No. 178/SK/KS/2017 dan No. HK.03.01/IV/14463/2017 tentang Academic Health System Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada dalam Rangka Integrasi Fungsional dalam Bidang Pendidikan, Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Pelayanan Kesehatan.

  • Perjalanan AHS UGM dimulai pada tahun 2014, dimana FKKMK UGM (dahulu bernama Fakultas
    Kedokteran UGM) bersama dengan 5 Rumah Sakit Pendidikan (RSUP Dr. Sardjito, RSUP dr. Soeradji
    Tirtonegoro, RS UGM, RSUD Banyumas, dan RSPAU dr. S. Hardjoloekito menginisiasi pembentukan AHS UGM. Pembentukan ini dikuatkan dengan Keputusan Rektor UGM No.1256/ UN1.P/SK/Hukor/2016 tentang Tim Pengembangan Integrasi FK UGM dan Rumah Sakit UGM dengan RSUP Dr. Sardjito, RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro, RS UGM, RSUD Banyumas, dan RSPAU dr. S. Hardjoloekito serta Fasilitas Kesehatan Utama di lingkungan UGM.


    Pada tahun 2016, Fakultas Kedokteran UGM mengembangkan naskah urgensi Rancangan Peraturan
    Presiden tentang sistem integrasi pendidikan, penelitian dan pelayanan kesehatan. Naskah tersebut telah didiskusikan dan diserah terimakan kepada Kementerian Sekretariat Negara pada bulan Desember 2016 dan menjadi cikal bakal pembentukan komite bersama AHS Nasional yang melibatkan Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi serta Kementerian Kesehatan.


    Pada tahun 2017 AHS UGM pertama kalinya menyelenggarakan Seminar Internasional Pertama di Indonesia terkait AHS sebagai upaya mensosialisasikan konsep AHS kepada pemangku kebijakan di tingkat nasional. Pada tahun 2017 ini pula dikembangkan konsep AHS Regional yang ditandai dengan audiensi kepada  Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Dua rumah sakit daerah yaitu RSUD Sleman dan RSUD Wates juga bergabung dengan AHS UGM di tahun tersebut.

  • Rumah sakit pendidikan yang saat ini telah menjalin kerjasama dengan AHS UGM antara lain:

    Pemerintah Daerah:

    Dinas Kesehatan DIYDinas Kesehatan Jawa Tengah

    Rumah Sakit Jejaring:

    RSUP Dr. SardjitoRSUP Dr. Soeradji TirtonegoroRumah Sakit Akademik UGM
    RSUD WatesRSUD BanyumasRSUD SlemanRSPAU Dr. S. Hardjolukito

    .