Sekilas Pandang

Selamat datang di Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada

       Terima kasih telah mengunjungi situs resmi Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada (FKKMK UGM). Website telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan sebuah organisasi maju dan mendunia. Ibarat sebuah rumah, maka  website juga berfungsi layaknya beranda, dimana kita menerima seluruh tamu-tamu sebelum kita persilakan masuk ke dalam rumah. Semoga website ini dapat menjadi sambutan pertama yang penuh simpatik kepada seluruh pengunjung sebelum mengenal fakultas ini lebih dalam.

         FKKMK UGM merupakan Fakultas Kedokteran tertua di Indonesia yang berdiri pada tanggal 5 Maret 1946. Di usia 73 tahun pada tahun 2019 ini, FKKMK UGM memiliki visi dan misi yang tidak bisa dipisahkan dengan Visi dan Misi Universitas Gadjah Mada , yaitu menjadi Fakultas Kedokteran berkelas dunia, inovatif dan unggul mengabdi kepada kepentingan bangsa dan kemanusiaan. Tata kelola fakultas yang baik, transparan dan akuntabel merupakan hal yang sangat penting saat ini. Karena itu rencana strategis dan rencana operasional fakultas ditetapkan untuk mewujudkan visi dan misi tersebut, yang merupakan panduan agar fokus pada tujuan dan dapat mengembangkan  program prioritas yang komprehensif, terpadu, efektif dan efisien. Upaya-upaya sinergis yang ditempuh antara lain melalui akselerasi FKKMK UGM sebagai institusi pembelajaran berbasis riset, yang memiliki reputasi internasional di bidang pendidikan, riset dasar, klinik maupun translasional  dan pengabdian masyarakat yang berkesinambungan.

     Upaya lainnya adalah penjaminan mutu internal. Penjaminan mutu internal selalu ditingkatkan baik di bidang akademik, administrasi dan keuangan. Sistem Audit mutu internal di bidang akademik telah menjadikan FKKMK UGM sebagai rujukan bagi institusi pendidikan kedokteran lainnya dalam pengelolaan kurikulum, organisasi pendidikan, dan proses pembelajaran. Inovasi dan upaya perbaikan di bidang kurikulum dan pembelajaran agar setiap lulusan mampu memenuhi Standar Kompetensi Dokter Indonesia (SKDI), serta mampu bersaing di tingkat global dalam menyelesaikan berbagai permasalahan kesehatan.

        Akhirnya saya ucapkan terima kasih atas dukungan segenap civitas akademika dalam setiap capaian yang diperoleh oleh FKKMK UGM sampai saat ini. Viva Medika!