Workshop Penyiapan Sampel Penelitian dari Bahan Herbal

Seminar HerbalWorkshop penyiapan sampel penelitian dari bahan herbal, pada tanggal 28 dan 29 Maret 2014, diadakan oleh Pusat Kedokteran Herbal bekerjasama dengan bagian Farmakologi dan Terapi FK UGM telah sukses dilaksanakan. Kursus penyiapan sampel penelitian dari bahan herbal yang hampir tiap tahun diadakan dalam rangka Dies FK UGM ini, diikuti oleh 39 peserta—jumlah yang lebih banyak dari tahun sebelumnya. Acara ini dilangsungkan selama dua hari berturut-turut dari pukul 08.00-16.00 diisi dengan kuliah dan praktikum menyiapkan sample penelitian dari bahan herbal.

Banyak dari peserta yang mengikuti adalah mahasiswa S1, dokter dan apoteker. Salah satunya adalah dr. I Dewa Putu Pramantara Sp.PD., K.Ger yang aktif berkecimpung di dunia penelitian herbal dan sangat menikmati sesi praktikum membuat sediaan obat dari bahan herbal.

Pada hari kesatu, tiga jam pertama diisi kuliah oleh Prof. Dr. Mae Sri Hartati W, MSi., Apt; dr. Rul Afiyah Syarif, Mkes dan Dr. dr. Eti Nurwening Sholikhah, Mkes. Setelah makan siang, peserta diajarkan cara memproses bahan herbal menjadi simplisia dan dari simplisia menjadi ekstrak herbal. Di hari kedua, jadwal acara diisi penuh dengan praktikum membuat sediaan obat dari ekstrak herbal, menghitung dosis uji untuk ekstrak, dan menyiapkan sample penelitian untuk diujikan ke hewan dan sel kultur. Pada sesi penutupan, acara diisi dengan foto bersama dan pembagian sertifkat dengan kredit 12 SKP. (Dini Alyani/Reporter)

 

Berita Terbaru