Mikrobiologi

Pengantar

Bagian Mikrobiologi Fakultas kedokteran UGM semula bernama Seksi Bakteriologi, bertempat di Mangkubumen Yogyakarta, dipimpin oleh dr. Azil Widjajakoesoema dari tahun 1949 sampai 1950. Pada tahun 1950 – 1956, Bakteriologi berganti nama menjadi Seksi Bakteriologi, Serologi, Hygiene, dan Imunologi di bawah pimpinan Prof. Dr. Sardjito dibantu dr. Sapardi Brodjohoedojo. Tahun 1956 – 1961 berganti nama menjadi Bagian Mikrobiologi, di bawah pimpinan dr. Sapardi Brodjohoedojo dan dibantu dr. Sunartono Partotenoyo.

Visi, Misi dan Rencana Strategis

VISI :

Pada tahun 2015, Bagian Mikrobiologi FK-UGM menjadi salah satu pusat unggulan terkemuka di Indonesia  di bidang mikrobiologi klinik yang berbudaya ilmiah, berkualitas tinggi, dan memiliki jiwa kearifan lokal. 

MISI:

  1. Meningkatkan mutu pendidikan, penelitian,  pelayanan yang paripurna, efisiensi managemen, dan kemitraan di bidang Mikrobiologi Klinik.
  2. Menguasai, menerapkan dan mengembangkan ilmu dan teknologi kedokteran, khususnya dibidang Mikrobiologin sehingga dapat meningkatkan pendidikan, penelitian dan pelayanan paripurna  kepada masyarakat.

RENCANA  STRATEGIS

  1. Meningkatkan kualitas pembelajaran di bidang Mikrobiologi sehingga dapat dihasilkan dokter umum dan dokter spesialis mikrobiologi klinik yang berprofesional, beretika tinggi, serta dapat menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi kedokteran, dan ketrampilan untuk kepentingan masyarakat,  serta  mampu  bersaing di tingkat nasional.
  2. Meningkatkan iklim ilmiah dan budaya meneliti  yang mendorong  kuantitas dan kualitas penelitian.
  3. Meningkatkan  mutu  manajemen sarana dan SDM yang berkualitas dan sejahtera untuk  menunjang  program program pendidikan, penelitian, pelayanan masyarakat, dan pengembangan  Bagian Mikrobiologi FK-UGM.
  4. Meningkatkan  mutu pelayanan masyarakat dalam rangka menurunkan morbiditas dan mortalitas, khususnya kasus penyakit infeksi.

Meningkatkan  kerjasama dan pengembangan pelayanan unggulan  berdasarkan kompetensi dan evidence based serta  terus menerus meningkatkan kualitas dan skill di bidang pendidikan, penelitian, dan pelayanan kesehatan.

Website Departemen Mikrobiologi klik disini

Berita Terbaru