“Prospek Kerja Tenaga Kesehatan Indonesia di Kancah Nasional dan Internasional”

Written by admin on . Posted in news

SEMINAR NASIONAL PROFESI TENAGA KESEHATAN
“Prospek Kerja Tenaga Kesehatan Indonesia di Kancah Nasional dan Internasional”
Fakultas Kedokteran UGM

Era persaingan global dengan segala perubahannya yang dinamis turut memberikan perubahan besar bagi sektor tenaga kerja, pemberdayaan sumber daya manusia, dan khususnya peluang bekerja bagi tenaga kesehatan. Hal ini juga secara tidak langsung menuntut tenaga kesehatan di Indonesia untuk berpikir out of the box, pandai mengambil peluang, dan memperluas jaringan informasi terkait pengadaan profesi tenaga kesehatan Indonesia, baik di skala nasional maupun internasional. Bagaimanapun juga, tenaga kesehatan dituntut untuk mampu menyesuaikan perkembangan zaman, dimana saat ini jarak bukan lagi sebuah masalah berarti. Membuka paradigma para pekerja kesehatan untuk bekerja di instansi swasta, militer, dunia pendidikan maupun bergabung di berbagai instansi dalam dan luar negeri, tidak hanya sekedar bekerja di puskesmas atau praktek biasa.
Sebagai calon dokter, dokter gigi, perawat, ahli gizi dan ahli farmasi yang kelak akan mengabdi sekaligus berkontribusi dalam peningkatan kualitas kesehatan masyarakat, mahasiswa kesehatan seringkali terjebak dalam pemikiran bahwasanya prospek kerja tenaga kesehatan hanya terbatas pada mahasiswa berbagai program studi kesehatan memahami  bahwa profesi ini  tidak hanya dapat bekerja di rumah sakit atau pusat kesehatan masyarakat saja, tetapi sebenarnya ada banyak peluang yang berprospek cerah, baik bekerja sebagai tenaga profesional yang langsung berhubungan dengan taraf kesehatan perorang atau sebagai tenaga struktural yang membuat kebijakan untuk peningkatan taraf kesehatan masyarakat.
Peluang untuk berkarir dan berkontribusi bagi tenaga kesehatan antara lain disiapkan oleh institusi pemerintah baik yang ditugaskan di dalam ataupun luar negeri dan swasta baik tingkat daerah, nasional maupun internasional.Perlu adanya pihak yang memfasiliatasi member informasi peluang kerja baik di tingkat nasional,  informasi tentang peluang kerja tenaga kesehatan di berbagai instansi, seperti institusi  pendidikan ,militer, dan swasta. Timbul keinginan dari pihak panitia untuk memberikan seminar yang bersifat memfasilitasi informasi tentang peluang apa saja yang disediakan oleh pemerintah maupun swasta baik lingkup dalam maupun luar negeri.
Dengan diadakannya Seminar Nasional Profesi Tenaga Kesehatan “Prospek Kerja Tenaga Kesehatan Indonesia di Kancah Nasional dan Internasional” ini, diharapkan dapat memberikan informasi tentang prospek profesi kepada para calon tenaga kesehatan Indonesia umumnya dan calon tenaga kesehatan lulusan FK UGM khususnya. Sehingga beberapa tahun lagi diharapkan berimbas pada peningkatan kesehatan masyarakat Indonesia secara keseluruhan.
Tujuan diselenggarakannya seminar ini, diharapkan mampu memperoleh pemahaman dan informasi mengenai peluang kerja mereka di dalam dan di luar negeri. Sehingga setelah lulus dari lembaga pendidikannya peserta dapat menentukan keinginan mereka apakah akan bekerja di institusi lokal, nasional, maupun internasional.
Seminar Nasional Profesi Tenaga Kesehatan “Prospek Kerja Tenaga Kesehatan Indonesia di Kancah Nasional dan Internasional” akan menghadirkan dan dibuka oleh Prof. dr. Ali Ghufron Mukti, M.Sc., Ph.D. Wakil Menteri Kesehatan RI serta Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada sekaligus sebagai keynote speaker dalam seminar tersebut. Keynote speaker yang akan disampaikan mengenai “Prospek Kerja Profesi Tenaga Kesehatan di Dalam dan Luar Negeri” terutama dalam perspektif era persaingan global.
Pembicara yang lain diantaranya: dr. Bambang Giatno R, MPH (Kepala Badan Pengembangan dan Pemberdayaan SDM Kesehatan) dengan judul Prospek Kerja Profesi Tenaga Kesehatan di Dalam Negeri, dr. Pattiselanno Roberth Johan, MARS (Kepala Biro Kepegawaian Kementerian Kesehatan RI) denga judul Prospek Kerja Profesi Tenaga Kesehatan di Dalam Negeri, Prof.dr.Suhardjo,SU,Sp.M(K) (Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, Usaha, dan Kesejahteraan Fakultas Kedokteran UGM) dengan judul Prospek Kerja Profesi Tenaga Kesehatan di Instansi Pendidikan, Laksamana Pertama dr.Sakti Hoetama,Sp.U (Kepala Dinas Kesehatan Angkatan Laut (Kadiskesal)) dengan judul Prospek Kerja Profesi Tenaga Kesehatan di Instansi Angkatan Laut dan dr. Ahmad Hidayat,Sp.OG,M.Kes (Direktur RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta) dengan judul Prospek Kerja Profesi Tenaga Kesehatan di Instansi Swasta.
Seminar akan diselenggarakan pada hari Sabtu, 17 Desember 2011 pukul 08.00-13.00 WIB di Ruang Kuliah Lt.5 FK UGM. Target peserta antara lain: Mahasiswa program Pendidikan Dokter, Ilmu Keperawatan (S-1 dan diploma), dan Gizi Kesehatan (S-1 dan diploma) dari Fakultas Kedokteran UGM dan Institusi kesehatan lain di luar UGM, mahasiswa S-2 dan mahasiswa Program Pendidikan Dokter Spesialis, serta dari kalangan umum.

Trackback from your site.

admin

This information box about the author only appears if the author has biographical information. Otherwise there is not author box shown. Follow PSDI on Twitter or read the blog.