Try Out Uji Kompetensi Dokter Indonesia

Written by admin on . Posted in Event, news

Try out Uji Kompetensi Dokter Indonesia (UKDI) dilaksanakan pada hari sabtu (9/10), di Laboratorium Komputer, Gedung Perpustakaan FK UGM. Try out ini serempak dilakukan di 16 lokasi ujian di seluruh Indonesia. Ada yang berbeda pada try out UKDI kali ini sebab pelaksanaan ujian menggunakan komputer. Dari 16 lokasi ujian, ada 6 tempat yang pelaksanaannya dilakukan secara CBT (Computer Based Test), yaitu Universitas Andalas, Universitas Indonesia, Universitas YARSI, Universitas Padjajaran, Universitas Brawijaya, dan Universitas Gadjah Mada.


Try out UKDI ini dilaksanakan sebagai persiapan bagi para dokter yang akan mengikuti UKDI pada 13 November 2010 yang akan datang. Walaupun try out telah dilakukan secara CBT namun pelaksanaan UKDI untuk tahun 2010 masih dilakukan secara PBT (Paper Based Test). CBT baru akan diberlakukan pada tahun 2011. Di Yogyakarta, try out UKDI diikuti oleh 66 peserta dengan rincian 41 orang dari UGM, 1 orang dariUI, 10 orang dari UMY, dan 14 orang dari UNS. Hadir sebagai pengawas pusat dr. Sari Puspadewi dan Eko Putu sebagai tim IT, sedangkan yang menjadi pengawas lokal ialah dr. Rustamaji, dr. IBG Suryaputra, dan dr. Warih Andan Puspitosari.

Peserta try out UKDI menanggapi positif pelaksaan ujian yang menggunakan komputer ini. Selain karena aplikasi UKDI mudah digunakan dan interaktif juga menghemat waktu peserta karena tidak perlu berlama-lama melingkari lembar jawaban seperti bila tes dilakukan menggunakan kertas. Diharapkan ke depannya CBT UKDI segera diterapkan dan terus dikembangkan sehingga dapat meningkatkan kualitas output pendidikan kedokteran di Indonesia.

admin

This information box about the author only appears if the author has biographical information. Otherwise there is not author box shown. Follow PSDI on Twitter or read the blog.